Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang

HASIL SCAN C1 PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI SINTANG TAHUN 2015, DAPAT DI AKSES PADA LINK SCAN C1 PILBUP SINTANG 2015

Hasil Riset KPU Kabupaten Sintang "Perilaku Memilih Dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014"
Kategori Berita | Diposting pada : 2015-08-11 -|- 04:40:00 oleh Admin
Share this article on

Menindaklanjuti perintah KPU Republik Indonesia, jajaran KPU sampai Kabupaten/Kota melakukan riset tentang Partisipasi Dalam Pemilu.  Potensi  tema riset meliputi Kehadiran dan Ketidakhadiran Pemilih  di TPS (Voter Turn-Out), Perilaku Memilih (Voting Behaviour), Politik Uang (Money Politics/Vote Buying), Tingkat Melek Politik Warga (Political Literacy), dan Kesukarelaan Warga dalam Politik (Political Voluntarism). Dari 5 (lima) tema tersebut, KPU Kabupaten Sintang melaksanakan penelitian dengan judul Perilaku Memilih Dalam Pemilu Legeslatif Tahun 2014.


Berdasarkan pedoman yang disampaikan KPU RI, disebutkan riset Pemilu merupakan salah satu elemen strategis dalam menajemen Pemilu. Riset tidak hanya memberikan rasionalitas akademik mengenai suatu substansi Pemilu namun juga memberikan pijakan empirik mengenai persoalan atas hal yang menjadi perdebatan. Sedangkan tujuan khusus dari riset itu sendiri, yaitu 1)Menemukan akar masalah atas persolan-persoalan yang terkait dengan partisipasi dalam Pemilu dan 2)Terumuskannya rekomendasi kebijakan atas permasalahan yang dihadapi dalam kaitannya dengan partisipasi dalam Pemilu.


Untuk menghasilkan riset yang sesuai tujuan, KPU Kabupaten  Sintang telah melakukan kerjasama dengan seorang akademisi, yaitu Elvi Juliansyah, M.Si, M.Kes,  yang sudah berpengalaman dalam melakukan penelitian. Penelitian dengan tema Perilaku Memilih sebagaimana judul tersebut di atas bertujuan mengidentifikasi dan menjelaskan perilaku pemilih dalam menentukan pilihannya pada Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD Provini, dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014 yang dilakukan dengan metode bersifat deskriptif.


Dijelaskan oleh peneliti bahwa Metode Deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, kondisi, sistem pemikiran, kelas peristiwa di masa sekarang yang tujuannya untuk membuat deskripsi atau gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.


Penelitian ini ditentukan berdasarkan kriteria sosial budaya di setiap masing-masing daerah pemilihan dan keterwakilan masyarakat pada Pemilu Legeslatif pada tahun 2014 oleh anggota DPRD Kabupaten Sintang. Untuk tujuan tersebut dilaksanakan pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (Diskusi Kelompok Terarah) dengan jumlah informan dalam penelitian sebanyak 8 (delapan) orang.


Dari hasil penelitian yang dilakukan,  KPU Kabupaten Sintang mengajak masyarakat  pembaca laman ini (http://kpud-sintangkab.go.id/) untuk mengetahui bagaimana perilaku memilih terkait dengan keputusan pemilih untuk memilih kandidat atau peserta Pemilu tertentu. Kenapa seorang pemilih menjatuhkan pilihannya kepada kandidat atau peserta Pemilu tertentu.


Riset yang dilakukan penting untuk mengetahui tingkat rasionalitas pemilih dalam Pemilu. Karena itu ARTIKEL ILMIAH ‘Perilaku Memilih Dalam Pemilu Anggota Legislatif di Kabupaten Sintang Tahun 2014” akan menggambarkan persoalan sejauhmana pilihan-pilihan itu bersifat rasional? Dengan kata lain sejauhmana pilihan politik mereka berdasarkan pertimbangan rasional menyangkut kandidat atau peserta Pemilu itu. Apakah rekam jejak, program atau janji peserta Pemilu menjadi bahan pertimbangan atau faktor lain. Selamat menyimak dan semoga hasil penelitian ini bermanfaat bagi kehidupan Demokrasi di Kabupaten Sintang. (Ade Muhammad Iswadi : Ketua Tim Swakelola Fasilitasi Riset / Penelitian Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum Tahun 2014 di Kabupaten Sintang).


Hasil riset dapat di download di sini 


 


Gallery :


riset6


Peneliti Utama, ELVI JULIANSYAH, M.Si, M.Kes, di
dampingi komisioner KPU Kabupaten Sintang, ADE M.
ISWADI, SE dan ZAINUR IHSAN, S.Sos memberikan
pertanyaan kepada responden


 


riset2


ERWINJEN DH, responden dari suku melayu


riset3


Focus Grup Discussion (FGD) terkait penelitian, yang
dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Sintang


riset4


Salahsatu responden, MELIRA YOLA P, sedang
menjawab pertanyaan-pertanyan yang diberikan oleh
Peneliti


riset5


Responden tertua, Drs. ANDREAS CALON, menjawab
pertanyaan dari Peneliti tentang partisipasinya dalam
Pemilu Tahun 2014


riset1


 Serah Terima Hasil Penelitian dari Peneliti kepada Ketua Tim Riset



Baca Juga Berita Lainnya
HASIL SCAN C1 PILBUP 2015
HITUNG MUNDUR PELAKSANAAN PEMILU / PILKADA TEDEKAT
JAJAK PENDAPAT

Anda masuk golongan manakah pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Tahun 2018?

Tidak Tahu
Tidak memilih
Memilih

Lihat Hasil Polling
PENGUMUMAN dan EDARAN
GALERI KPU KABUPATEN SINTANG