KPU Kalbar Gelar Evaluasi Pemilu Serentak Tahun 2019

By Admin 30 Okt 2019, 22:45:05 WIBBerita
KPU Kalbar Gelar Evaluasi Pemilu Serentak Tahun 2019
Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Barat melaksanakan kegiatan evaluasi Pemilu Serentak Tahun 2019 pada Minggu, 27 s/d 29 Oktober 2019 di Hotel Grand Mahkota, Pontianak. Kegiatan ini selain di hadiri oleh seluruh Ketua, anggota dan sekretaris KPU kabupaten/kota se Kalimantan Barat juga di hadiri oleh anggota KPU RI, Viryan Azis, SE.,M.M. 
Dalam sambutannya, Viryan menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilu serentak Tahun 2019 telah berjalan dengan baik dan lancar. Namun demikian, perlu di lakukan evaluasi agar ke depan dalam pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 bisa berjalan dengan lebih baik dan juga pemilihan serentak tahun 2020 yang sudah di depan mata.
Beberapa hal yang perlu di evaluasi dalam pelaksanaan pemilu serentak 2019 adalah permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Adanya data invalid yang muncul dengan adanya data ganda, pemilih yang sudah meninggal yang masih ada di DPT, pemilih yang belum terdaftar di DPT meskipun tetap bisa di akomodir dalam DPK, dan jumlah pemilih dalam TPS yang berbeda dengan Pemilihan serentak tahun 2018 sehingga ada beberapa pemilih yang tidak terdaftar dalam TPS yang seharusnya. Selanjutnya permasalahan terkait dengan rekap di lapangan. Banyaknya formulir yang di gunakan mempersulit penyelenggara adhoc (baca: KPPS) dalam pengisiannya. Dalam pemilihan serentak 2020, KPU akan melakukan penyederhaaan terkait dengan formulir dan evaluasi isi dari formulir C1. Selain itu, KPU juga akan menggunakan e rekap yang saat ini masih dalam proses untuk di legalkan dalam UU pemilihan 2020.  Permasahan ketiga terkait dengan verifikasi partai politik dan tingginya jumlah penyelenggara adhoc yang meninggal yaitu sejumlah 838 orang. 
Dalam penyelenggaran baik Pemilihan Umum