KPU Sintang Gelar Bimtek Relasi Pemilu Tahun 2019

By Iwan Setia 26 Jan 2019, 12:35:47 WIBBerita
KPU Sintang Gelar Bimtek Relasi Pemilu Tahun 2019
Tantangan sosialisasi dan pendidikan pemilih pada Pemilu 2019 menjadi lebih kompleks. Pemilih akan di hadapkan dengan lima jenis surat suara di TPS. Pemilih harus cermat untuk memastikan tata cara pemberian suara yang benar di TPS. Sehingga di butuhkan sosialisasi dan pendidikan pemilih yang lebih massif dan intensif. Program Relawan Demokrasi (Relasi) adalah gerakan yang di maksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas – luasnya dimana mereka di tempatkan sebagai pelopor (pioneer) bagi komunitasnya. 
KPU Kabupaten Sintang telah melakukan rekruitmen dan menetapkan 55 (lima puluh lima) orang relawan demokrasi berdasarkan SK KPU No. 46/HK.031-Kpt/6105/KPU-Kab/1/2019. Dimana ke 55 Relasi tersebut terbagi dalam 10 (sepuluh) basis dan tersebar di 14 (empat belas) Kecamatan di Kabupaten Sintang. Guna meningkatkan kompetensi yang di perlukan dalam menjalankan tugasnya, KPU Kabupaten Sintang melaksanakan bimtek Relasi pada Kamis, 24 Januari 2019 di Gedung Cadika Sintang. 
Kegiatan bimtek relasi di awali dengan pembukaan yang di hadiri oleh Bawaslu, Kesbangpol, Polres dan Dandim 1205. Dalam pembukaan kegiatan, para peserta bimtek membaca pakta integritas yang menjadi kode etik yang harus di patuhi sejak menjadi Relasi sampai masa kerja selesai. 
Adapun materi yang di berikan adalah materi – materi yang akan di sampaikan oleh para Relasi dalam kegiatan sosialisasi nantinya. Materi pertama adalah pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi. Dalam segmen ini, peserta di ajak untuk memahami demokrasi di Indonesia, Pemilu dan sejarahnya, makna partisipasi dalam pemilu, dan pentingnya partisipasi masyrakat dalam menyukseskan Pemilu 2018. Materi kedua, kode etik relawan demokrasi. Dalam menjalankan