Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu 2019, KPU Tekankan DPK dan DPTb

By Iwan Setia 26 Nov 2018, 10:43:44 WIBBerita
Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu 2019, KPU Tekankan DPK dan DPTb
Menghadapi Pemilu 2019, KPU Kabupaten Sintang giat melaksanakan sosialisasi kepada stakeholder dan masyarakat. Salah satu sosialisasi yang dilaksanakan adalah sosialisasi pendidikan pemilih pada Sabtu (24/11/2018) di Hotel My Home Sintang. Sosialisasi pendidikan pemilih terdiri dari 3 (tiga) segmen yaitu: pemilih pemula, perempuan dan disabilitas. Oleh karena itu, para peserta yang di undang adalah perwakilan pelajar SMA, pensiunan TNI/Polri yang akan mencoblos pertama kali pada Pemilu 2019, perwakilan disabilitas, ormas perempuan dan organisasi kepemudaan. Adapun peserta yang hadir berjumlah 44 orang.
Ketua KPU Kabupaten Sintang dalam sambutannya mengharapkan para peserta sosialisasi yang hadir dapat menjadi perpanjangan tangan KPU Sintang dalam menyukseskan Pemilu 2019. Hal tersebut di karenakan Pemilu 2019 merupakan Pemilu serentak yang pertama kali dilaksanakan. Dimana Pemilihan Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden di laksanakan secara serentak. Sehingga di butuhkan kerja bersama.
Kegiatan sosialisasi di mulai pukul 09.00 sd 11.30 WIB. Pemateri dalam kegiatan ini adalah Karsinah selaku Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas. Dalam pemaparannya, karsinah menjelaskan tentang DPK (Daftar Pemilih Khusus) dan DPTb (Daftar Pemilih Tambahan). DPK merupakan daftar pemilih yang belum terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) namun memiliki KTP el dan dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019 dengan menunjukkan KTP el tersebut. Sedangkan DPTb adalah daftar pemilih yang telah terdaftar di DPT namun akan melakukan pindah memilih pada Pemilu 2019. Pemilih pindahan ini, dapat memilih dengan meminta form A-5 dari PPS, PPK atau KPU.
Selain menjelaskan mengenai DPK  dan DPTb, Karsinah juga mengajak p